Rabu, 08 Agustus 2018

PENYULUHAN ANTI NARKOBA LIBATKAN KAPOLSEK TORJUN



SAMPANG, Mahasiswa KKN 50 Universitas Trunojoyo Madura, adakan penyuluhan Anti Narkoba dengan tema “Tolak Narkoba Wujudkan Generasi Bangsa yang Bersih, Cerdas Dan Bebas” ditingkat SMP dan SMK di Kecamatan Torjun yang melibatkan pihak Kapolsek Torjun (Heriyanto).
Kamis (02/08/2018) Ervan Hermawan (Mahasiswa) dibantu oleh Yoyok Yuni Prasetyo (Kanit Bhinmas Polsek Tojun) dalam menyampaikan penyuluhan bahaya punggunaan narkoba dikalangan siswa. Selain Kapolsek Torjun, penyuluhan ini libatkan Koramil, Puskesmas Pembantu, perangkat desa, kepala sekolah beserta tokoh agama di Desa Kodak (KecamatanTorjun).
“Kami berharap siswa bisa perperan aktif dalam pencegahan penggunaan narkoba, pencegahan awal dapat diterapkan pada diri siswa masing-masing. Selain itu, peran mahasiswa juga sangat dibutuhkan dalam membantu kami seperti penyuluhan ini” ungkap Yoyok Yuni Prasetyo saat menyampaikan materi di Aula ANNUR Kecamatan Torjun, Kamis (02/08/2018).
Dikatakan bahwa siswa diusia tersebut merupakan siswa yang mengalami jenjang rawan dan perlu  perhatian khusus mengenai wawasan tentang narkoba, sebab jika tidak diberitahu sejak dini maka akan timbul perilaku coba-coba tentang perihal terkait.
Selanjutnya masih menurut Yoyok Yuni Prasetyo, memalui cuplikan video menuturkan bahwa di Kabupaten Sampang, Kecamatan Banyuates juga telah terjadi penangkapan penyelundupan narkoba dengan jumlah 9 Kg yang ditangkap dijalanan. Hal tersebut merupakan salah satu kejadian yang dikategorikan sangat besar di walayah Jawa Timur.
Selanjutnya menurut Anjas selaku Puskesmas Pembantu bahwa penyalahgunaan narkoba yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan yang berujung HIV/AIDS selain itu juga akan merusak saraf yang menyebabkan linglung.
“Setelah siswa tahu bagaimana dampak baik dan buruknya, diharapkan mereka tidak memiliki niatan untuk mengkonsumsi barang haram itu” tuturnya.
“Oleh karena itu, penyuluhan ini dianggap penting sebagai upaya pencegahan sejak dini  bagi siswa untuk menagntisipasi terhadap penyalahgunaan narkoba” ucapnya.

Moh. Hamzah Fansuri selaku Koordinator Desa (Kordes) KKN 50 UTM mengungkapkan “sangat berterimakasih kepada seluruh Polsek, Koramil serta pihak-pihak lainnya yang telah membatu dalam menyukseskan salah satu program kerja kami tentang penyuluhan narkoba ditingkat SMP dan SMK di Kecamatan Torjun” ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang positif antara mahasisawa dengan pihak terkait dalam menangani permasalahan penyalahgunaan penggunaan narkoba. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review